Contoh Soal Matematika Mengenai Peluang Teoretik Tingkat SMP

Belajar Matematikaku - Pembahasan kita kali ini yaitu mengenai contoh soal peluang teoretik. Sebelum masuk ke sub pembahasan pasti banyak bertanya apa sih itu peluang teoretik. Kami disini akan menjelaskan secara singkat apa itu peluang teoretik. Peluang teoretik adalah perbandingan antara frekuensi kejadian yang diharapkan terhadap frekuensi kejadian yang mungkin (ruang sampel). Untuk lebih jelasnya simaklah baik-baik contoh soal berikut ini!

Contoh Soal Matematika Mengenai Peluang Teoretik Tingkat SMP

Contoh Soal Matematika Mengenai Peluang Teoretik Tingkat SMP

1. Sebuah kantong terdapat 30 kelereng dengan warna merah 16 buah , warna hijau ada 8 buah, dan sisanya berwarna biru kemudian diambil satu buah kelereng secara acak. Tentukanlah peluang jika yang terambil adalah kelereng berwarna biru!

2. Rehan dan Rangga sedang bermain suit gajah. Jari telunjuk melambangkan manusia, jari kelingking melambangkan semut, dan ibu jari melambangkan gajah. Jika manusia melawan gajah maka yang menang adalah gajah, jika semut melawan manusia maka yang kalah adalah semut, dan jika gajah melawan semut maka gajahlah yang kalah. Tentukanlah peluang mereka akan seri pada suit gajah tersebut!

3. Sebuah dadu dilemparkan dan tentukan pada pelemparan sebuah dadu peluang muncul mata dadu tersebut lebih dari 3!

4. Tentukan peluang dari siswa perempuan yang menjadi ketua kelas jika dari 40 siswa ada 16 siswa laki-laki!

5. Diketahui sebuah dadu dilempar 100 kali berdasarkan hasil pelemparan dadu tersebut muncul mata dadu nomor 3 sebanyak 17 kali dan mata dadu bernomor 5 sebanyak 18 kali maka tentukanlah peluang muncul mata dadu bernomor 3 atau 5!

6. Tentukanlah banyak garis yang dapat dibuat dari 8 titik yang tersedia dengan tidak ada 3 titik yang segaris!

7.Jika A, B, C, dan D akan berfoto secara berdampingan tentukan peluang A dan B selalu berdampingan!

8. Tentukan berapakah peluang dari muncul dari satu anak laki-laki jika dalam kelompok tersebut terdiri dari 3 anak!

9. Sebuah lempeng bernomor 1 sampai 8 dilengkapi jarum penunjuk. Bila lempeng diputar pada saat berhenti jarum akan menunjukan salah satu bilangan tersebut, maka tentukan peluang jarum yang akan menunjuk bilangan yang merupakan faktor dari 8 tersebut!

10. Pada pelemparan mata uang logam sebanyak 150 kali muncul angka sebanyak 69 kali maka tentukan:
a. Frekuensi relatif muncul angka
b. Frekuensi relatif muncul gambar

Demikianlah pembahasan materi tentang Contoh Soal Matematika Mengenai Peluang Teoretik Tingkat SMP. Semoga apa yang kami berikan di atas dapat membantu adik-adik dalam mengerjakan soal-soal latihan nantinya.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Soal Matematika Mengenai Peluang Teoretik Tingkat SMP"

Post a Comment