Contoh Soal Matematika Mengenai Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Belajar Matematikaku - Hots merupakan kemampuan berfikir seorang individu secara kritis, logis, metakognisi dan ia kreatif. Hots terjadi ketika seorang individu mampu menghubungkan sebuah informasi lama kemudian dicari solusi untuk menyelesaikan masalah bukan sekedar mengingat informasi tersebut. Soal-soal tentang hots bertujuan untuk mengukur keterampilan berfikir seseorang ketingkat tinggi. Dengan membiasakan melatih kemampuan maka diharapkan siswa-siswa dapat berfikir secara kritis. Untuk lebih jelasnya lihatlah baik-baik contoh soal di bawah ini!

Contoh Soal Matematika Mengenai Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Contoh Soal Mengenai Higher Order Thinking Skills (HOTS)

1. Disebuah Toko Makmur Jaya tersedia 1 kotak lampu yang berisikan 12 lampu, 2 diantaranya rusak. Ada 3 orang yang akan membeli masing-masing lampu tersebut. Jadi berapakah peluang pembeli ketiga mendapat lampu yang rusak tersebut ...


2. Restu merupakan seorang penjaga gawang profesional yang mampu menahan tendangan pinalti dengan peluang 3/5. Dalam sebuah kesempatan dilakukan 5 kali tendangan. Peluang penjaga gawang mampu menahan 3 kali tendangan adalah ...

3. Rere menginginkan uang sejumlah Rp. 500.000 diambil dalam dua ATM dengan nilai nominal yang berbeda yaitu Rp. 100.000 dan Rp.50.000. Berapa banyak variasi pengambilan uang yang dapat dilakukan Rere untuk mengambil uang tersebut?

4. Sebuah uang logam dilempar undi sebanyak 4 kali dan hasilnya 4 kali muncul angka. Jika uang logam tersebut dilempar undi 1 kali lagi maka berapakah kemungkinan yang akan muncul ?

5. Osis di sekolah MAN mengadakan pentas seni untuk amal yang terbuka untuk masyarakat umum. Hasil penjualan tiket acara tersebut akan disumbangkan untuk korban bencana alam. Panitia memilih tempat berupa gedung pertunjukan yang tempat duduk penontonnya berbentuk sektor lingkaran dan terdiri dari 6 baris. Banyaknya kursi penonton pada masing-masing baris membentuk pola barisan tertentu. Tentukanlah banyaknya seluruh tempat duduk pada gedung tersebut jika pada baris pertama terdapat 25 kursi, baris kedua 35 kursi, baris ketiga 50 kursi, baris keempat 70 kursi dan seterusnya!


Sekian pembahasan kami mengenai Contoh Soal Matematika Mengenai Higher Order Thinking Skills (HOTS). Semoga apa yang telah kami berikan di atas dapat membantu adik-adik sekalian dan berguna bagi kita semua.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Soal Matematika Mengenai Higher Order Thinking Skills (HOTS)"

Posting Komentar