Contoh Soal Matematika Mengenai Diskrit

Contoh Soal Matematika Mengenai Diskrit - Sebelum masuk ke dalam dalam contoh-contoh soal, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu diskrit? Diskrit adalah cabang matematika yang mengkaji objek-objek diskrit. Benda disebut diskrit jika ia terdiri dari sejumlah berhingga elemen yang berbeda atau tidak berkesinambungan. Himpunan bilangan bulat dipandang sebagai objek diskrit. Misal A dan B adalah himpunan. Relasi biner f dari A ke B merupakan suatu fungsi jika setiap elemen didalam A dihubungkan dengan tepat satu elemen didalam B. Untuk lebih jelasnya simaklah baik-baik contoh soal di bawah ini!

Contoh Soal Matematika Mengenai Diskrit

Beberapa Contoh Soal Mengenai Diskrit

1. Jika f : Z => tentukan apakah f (x0 = x2 + 1 dan f (x) = x - 1 merupakan funsi satu ke satu?

2. Tentukan benar atau salah teori ini 3 png n - 1 habis dibagi 2!

3. Untuk semua bilangan bulat bukan negatif-n. Buktikanlah dengan menggunakan induksi matematika bila 30 + 31 + 32 + ... + 2n = 2n + 1 - 1!

4.  Hitunglah bilangan bulat 1 sampai 100 yang habis dibagi 3 atau 5?

5. Diantara bilangan bulat 1 sampai 300, berapa banyakkah yang tidak habis dibagi 3 atau  5?

6. 1.232 orang mahasiswa mengambil kuliah bahasa inggris, 879 mahasiswa mengambil bahasa Prancis dan 114 mengambil bahasa Turki. Sebanyak 103 mengambil bahasa Inggris dan Prancis, 23 orang mengambil bahasa Inggris dan Turki dan 14 orang mengambil Prancis. Jika 2092 orang mengambil paling sedikit satu mata kuliah bahasa Inggris, tentukan berapa banyak yang mengambil ketiganya?

7. Diantara 100 mahasiswa 32 orang mempelajari matematika, 20 orang mempelajari fisika dan 45 orang mempelajari biologi, 15 orang mempelajari matematika dan biologi, 7 orang mempelajari matematika dan fisika, 10 orang mempelajari fisika dan biologi, 30 orang tidak mempelajari satupun dari pelajaran tersebut. Hitunglah berapa mahasiswa yang mempelajari pelajaran dari ketiga tersebut?

8. 5 mahasiswa jurusan SI dan 7 mahasiswa jurusan IT. Berapa banyak cara membentuk panitia yang terdiri dari 4 orang jika :
a. Tidak ada batasan jurusan
b. Semua harus dari SI
c. Semua harus dari IT
d. 2 orang perjurusan

9. Tentukanlah balikan fungsi f(x) = x - 1 !

10. Tentukan balikan fungsi dari f(x) = x2 + 1 !


Itulah beberapa Contoh Soal Matematika Mengenai Diskrit. Semoga contoh-contoh soal yang telah kami berikan dapat membantu adik-adik semua dalam pembelajaran dan dapat dijadikan bahan pengembangan ilmu matematika buat kalian semua.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Soal Matematika Mengenai Diskrit"

Post a Comment