Contoh Soal O2sn Matematika SD

Contoh Soal O2sn Matematika SD - Kali ini kita akan membahas mengenai contoh-contoh soal Olompiade Olahraga Siswa Nasional (O2sn). Untuk dapat lolos dan mendapatkan apa yang diinginkan dalam O2sn maka siswa dan siswi harus dibina semaksimal mungkin. Pembinaan tersebut sebaiknya dari kelas 3 SD sehingga ketika pada waktu diadakan olimpiade anak-anak tersebut sudah siap mental dan siap segalanya. Disini kami akan menyajikan contoh soal untuk menghadapi olimpiade anak SD. Untuk lebih jelasnya simaklah baik-baik contoh soal di bawah ini!

Contoh Soal O2sn Matematika SD

Contoh Soal O2sn Matematika SD

1. Mamat merayakan ulang tahunnya pada tanggal 9 Juli 2018. Dihari tersebut usia Mamat merupakan jumlah dari angka-angka tahun ia dilahirkan. Pada tahun berapakah Mamat dilahirkan?

2. Sebuah ubin satuan disusun membentuk sebuah bangun datar. Hitunglah keliling terkecil bangun datar yang dapat dibentuk!

3. Kota B dan kota C terletak di khatulistiwa. Kota C terletak disebelah barat kota B sekitar 110 km. Pada suatu hari, dikota B matahari terbit pukul 5.47, jika panjang khatulistiwa adalah 40075 km, pada hari itu pukul berapakah matahari terbit dikota C?

4. Berapa banyak bilangan 3 angka yang memenuhi 3 syarat berikut ini : kelipatan 9, digit pertama kurang dari digit kedua, jika jumlah digit pertama dan ketiga adalah 11!

5. 80 murid SD Trisula yang berasal dari kelas 4 dan 5 mengikuti seleksi OSN-SD. Rata-rata skor yang mereka peroleh adalah 100. Banyaknya murid kelas 4 yang ikut seleksi tersebut 50 % lebih banyak dari murid kelas 5 dan rata-rata skor murid kelas 5 yaitu 50% lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor murid kelas 4. Hitunglah rata-rata skor murid kelas 5?

6. Fadhil mempunyai 5 batang lidi dengan panjang masing-masing yaitu 5, 8, 11, 15 dan 20 cm. Hitunglah banyaknya segitiga dengan 3 batang lidi dari 5 batang yang dibuat oleh Fadhil!

7. Toro mempunyai uang pecahan 500 rupiah sebanyak 5 keping, pecahan 1000 rupiah sebanyak 7 lembar dan pecahan 5000 ribu rupiah sebanyak 3 lembar. Toro akan membeli buku seharga Rp. 12.500. Berapa banyaknya cara untuk membeli buku tersebut tanpa uang kembalian?

8. Pada tahun 2018 rata-rata usia dari suatu keluarga : Ayah, Ibu, dan ketiga anaknya adalah 20. Jika usia mereka ber 5 ditambah usia seorang Kakek dan Nenek maka rata-rata nya menjadi 32. Jika usia Nenek lebih tua dari usia Kakek, maka Nenek lahir pada tahun...

9. Rata-rata delapan bilangan adalah 15. Jika delapan bilangan tersebut ditambah dengan bilangan kesembilan dan kesepuluh, maka rata-ratanya menjadi 60. Jika delapan bilangan tersebut hanya ditambah dengan bilangan kesembilan, maka rata-rata menjadi 30. Berapakah selisih bilangan ke 9 dan ke 10?

10. Jini dan Anis bersepeda mengelilingi lapangan secara bersamaan dengan arah yang sama dan berangkat dari titik yang sama. Jini dan Anis masing-masing bersepeda dengan kecepata 8 km/jam dan 4 km/jam. Setelah melakukan putaran satu putaran Jini beristirahat 5 menit. kemudian Jini bersepeda lagi dan setelah 20 menit bersepeda Jini dan Anis berada diposisi yang sama. Tentukan berapakah keliling lapangan tersebut?

Sekian pembahasan materi mengenai Contoh Soal O2sn Matematika SD yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu adik-adik dalam pelajaran dan dapat dijadikan referensi bagi kalian semua.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat !

0 Response to "Contoh Soal O2sn Matematika SD"

Posting Komentar