Contoh Soal Matematika Jajar genjang

Contoh Soal Jajar genjang - Pembahasan kita kali ini yaitu mengenai jajar genjang. Apa kalian tau apa itu jajar genjang. Dalam pembahasan materi sebelumnya telah disampaikan materi tentang Bangun Datar Jajar Genjang. Agar adik-adik paham lebih jauh lagi mengenai jajar genjang mari kita ulas kembali apa itu jajar genjang dan bagiamana cara pemecahan masalahnya. Jajar genjang adalah bidang datar segi empat yang sisinya berpasangan dan sama panjang serta sejajar. Jajar genjang memiliki sifat yakni dua pasang rusuk yang sejajar dan sama panjangnya, memiliki dua pasang sudut yang bukan siku-siku, sudutnya sama besar yang saling berhadapan, sudutnya berdekatan, diagonalnya saling membagi 2 dan memiliki 2 sudut lancip dan 2 sudut tumpul. Untuk lebih jelasnya simaklah baik-baik contoh soal di bawah ini!
Contoh Soal Matematika Jajar genjang

Contoh Soal Matematika Jajar genjang

1. Diketahui sebuah jajar genjang memiliki panjang alas 34 m dan tinggi 24 cm. Tentukan luas dan keliling jajar genjang tersebut!

2. Hitunglah keliling suatu jajar genjang yang memiliki sisi 15 cm dan 21 cm!

3. Hitunglah luas jajar genjang dengan alas 26 cm dan tinggi 17 cm!

4. Sebuah jajar genjang memiliki panjang alasnya 34 cm dan tinggi 24 cm. Tentukanlah berapa luas jajar genjang dan keliling jajar genjang tersebut!

5. Perhatikan gambar di bawah ini !
Contoh Soal Matematika Jajar genjang
Tentukan berapakah luas dan keliling jajar genjang dari gambar di atas?

6. Tentukan luas dan keliling jajar genjang jika mempunyai panjang alas 50 cm dan tinggi 35 cm!

7.  Lihatlah gambar berikut!
Contoh Soal Matematika Jajar genjang
Tentukan keliling jajar genjang dari gambar di atas!

8. Berapakah luas jajar genjang pada gambar di bawah ini!
Contoh Soal Matematika Jajar genjang

9. Sebuah jajar genjang memiliki keliling 52 cm. Jika panjang salah satu sisinya 16 cm, maka hitunglah panjang sisi lainnya!

10. Taman pak Irpan berbentuk jajar genjang. Panjang sisinya yang berbeda 8 meter dan 12 meter. Disekeliling taman tersebut dipasang lampu taman tiap 4 meter. Berapa banyakkah lampu yang dipasang?

Itulah beberapa Contoh Soal Matematika Jajar genjang. Semoga dapat digunakan sebagai pembelajaran pada pelajaran matematika dan semoga ilmu yang kami berikan dapat berguna bagi adik-adik sekalian. Untuk memperluas pemahaman kalian mengenai jajar genjang pelajari juga materi yang berjudul Rumus Mencari Tinggi Jajar Genjang dan Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Soal Matematika Jajar genjang "

Post a Comment