Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4

Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4 - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai contoh soal kelas 4. Sebagaimana dalam pembahasan sebelumnya telah disampaikan materi tentang Kumpulan Contoh Soal SD. Kenapa kita harus mempelajari contoh-contoh soal matematika? Jawabannya sangatlah mudah. Tujuan kita mengerjakan latihan contoh soal ini tentu untuk membiasakan diri kita dalam menjawab berbagai soal yang berkaitan dengan pelajaran matematika. Biasanya di sekolah kita belajar tidak cukup hanya mendengarkan guru dalam belajar tanpa adanya ulasan kembali atau mengingat pelajaran apa yang telah disampaikan oleh guru di sekolah. Contoh-contoh yang akan kami berikan guna untuk bahan latihan adik-adik di rumah agar terbiasa dengan latihan-latihan soal nantinya. Berikut adalah contoh soal matematika dasar terutama untuk kelas 4 SD.

Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4

Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4

1. Reno mencuci motornya setiap 3 hari sekali. Sedangkan Baim mencuci motornya setiap 5 hari sekali. Hari ini keduanya mencuci motor secara bersamaan. Berapa hari lagi mereka akan mencuci motornya secara bersama lagi ?

2. Ibu memberi uang saku kepada Krisna sebanyak Rp. 5000. Sedangkan Inayah diberi Ibu uang saku sebanyak Rp. 7000. Jika setiap hari Krisna diberi uang Rp. 5000 dan Inayah Rp. 7000. Berapa keseluruhan uang yang Ibu keluarkan untuk Krisna dan Inayah selama 6 hari?

3. Nisa setiap hari selalu menyisihkan uang jajannya untuk ditabung. Jika uang yang disisihkan Nisa untuk ditabung sebanyak Rp. 3000. Berapa terkumpulnya uang Nisa selama 15 hari ?

4. Setiap 15 detik lampu hijau lalu lintas menyala lalu padam. Setiap 20 detik lampu kuning menyala lalu padam. Setelah berapa detik kah kedua lampu menyala secara bersama-sama ?

5. Ayah ingin membeli jeruk. Jika di dalam 1 kg jumlah jeruknya sebanyak 10 buah. Berapakah jumlah jeruk yang Ayah miliki jika ayah membeli jeruk sebanyak 3 kg?

6. Tasya sangat menyukai permen. Setiap hari Tasya membeli permen sebanyak 5 buah. Ternyata harga permennya 1buah seharga Rp. 1500. Berapa uang yang diperlukan Tasya untuk membeli permen setiap harinya?

7. Aden mempunyai 7 kolam ikan. Setiap kolamnya berisi 200 ekor ikan. Ternyata ikannya yang mati sebanyak 300 ekor. Berapakah jumlah ikan yang dimiliki oleh Aden sekarang ?

8. Umi meminjam uang Putri untuk membeli buku sebanyak Rp. 50.000. Uang yang dipinjam tersebut sudah dicicil Rp. 15.000. Berapa utang yang dimiliki oleh Umi sekarang?

9. Ari disuruh Ibu membeli telur di pasar per kg seharga Rp. 20.000. Jumlah telur per kg sebanyak 18 butir. Jika Ari membeli 8 kg telur. Berapakah jumlah telur jika dihitung per butirnya?

10. Mutia gemar bermain kelereng. Ia tidak pernah kalah apabila diajak temannya bermain. Setiap hari Mutia membawa kelereng sebanyak 7. Jika setiap hari 2 kali bermain Mutia mendapatkan keuntungan sebanyak 5 buah kelereng. Maka, berapa banyak keseluruhan keuntungan kelereng yang Mutia miliki sekarang selama bermain 3 hari?

Itulah beberapa Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4. Semoga contoh soal di atas dapat dijadikan pembelajaran adik-adik dirumah demi meningkatkan kemampuan dan mengulas kembali pelajaran yang telah diajarkan oleh guru di sekolah. Kemampuan seseorang tidak akan berkembang apabila orang tersebut bermalas-malasan dalam mencari pengetahuan.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Soal Cerita Matematika SD Kelas 4"

Posting Komentar