Rumus Luas Lingkaran Pembahasan Lengkap

Rumus Luas Lingkaran - Artikel kali ini akan membahas materi mengenai rumus luas lingkaran. Dalam materi tersebut diberikan juga contoh soal mengenai lingkaran agar kalian memiliki gambaran tentang bagaimana cara menjawab soal-soal mengenai lingkaran dengan rumus-rumus yang telah diberikan. Langsung saja, perhatikan baik-baik pembahasan materi dilengkapi dengan pembahasan soal-soal yang telah dijabarkan di bawah ini:

 Rumus Luas Lingkaran Pembahasan Lengkap

Contoh Soal dan Rumus Luas Lingkaran

Rumus Luas Lingkaran

Luas sebuah lingkaran bisa diketahui dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Luas Lingkaran  = π x jari-jari2 (π x r2)

phi (π) = 3, 14 atau 22/7
r = jari-jari = 1/2 diameter

Pembahasan contoh soal mengenai luas lingkaran:

Contoh soal  1:
Diketahui sebuah kolam ikan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m. Hitunglah luas dari kolam ikan tersebut?

Penyelesaian:
Langkah pertama kita harus menentukan terlebih dahulu jari-jari dari kolam tersebut, sehingga:
Jari-jari kolam = 1/2 x 56 = 28 m
Luas kolam = π x jari-jari2
Maka luas kolam = 22/7 x 28 x 28
Luas kolam = 2464 m2
Jadi, luas kolam ikan tersebut adalah 2464 m2

Contoh soal  2:
Sebuah taman bermain berbentuk setengah lingkaran. Diameter taman tersebut adalah 42 m. Tentukanlah luas keseluruhan dari taman bermain tersebut?

Penyelesaian:
Terlebih dahulu kita tentukan jari-jarinya = 1/2 x 42 = 21 m
Luas setengah lingkaran = 1/2 x π x jari - jari2
Luas taman bermain = 1/2 x 22/7 x 21 x 21
Luas taman bermain = 1386 / 2 = 693 m2
Jadi, luas keseluruhan dari taman bermain tersebut adalah 693 m2

Tips dan trik dalam menghitung rumus luas lingkaran

Pertama:
Disaat kalian akan menghitung rumus luas lingkaran, tentukanlah nilai phi (π) yang sesuai dengan nilai jari-jari dari lingkaran tersebut. Misalnya, untuk menghitung jari-jari yang nilainya adalah 7 dan kelipatannya (14, 21, 28, 35, 49, dst.) Maka sebaiknya kalian menggunakan phi = 22/7. Nilai phi 22/7 juga bisa kalian gunakan dalam perhitungan jari-jari yang nilainya berbentuk bilangan bulat. Sedangkan untuk menghitung luas lingkaran yang jari-jarinya dinyatakan dalam bentuk desimal maka kalian lebih baik memilih phi dalam bentuk desimal juga yaitu π = 3,14. Dengan begitu akan lebih mudah kalian dalam proses penghitungan luas dari sebuah lingkaran.

Kedua:
Kalian jangan terlalu terburu-buru ketika ingin menentukan nilai r2, biarkan saja penghitungan tersebut dalam bentuk r x r siapa tahu nantinya akan ada nilai yang bisa dihilangkan atau dicoret. Misalnya ketika kalian menghitung r = 49 jangan terbuuru-buru menghitungnya menjadi r2 = 492(2401)

Ketiga:
Perhatikan baik-baik satuan panjang yang ada di dalam soal tersebut. Biasanya jawaban bergantung kepada satuan panjang yang digunakan di dalam soal tersebut.


Demikianlah penjelasan materi mengenai  Rumus Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal Serta Tips dan Trik untuk menghadapi soal-soal yang berkaitan dengan perhitungan luas lingkaran. Semoga kalian bisa memahami penjelasan di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan materi ini.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to " Rumus Luas Lingkaran Pembahasan Lengkap"

Posting Komentar