Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar Untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil

Soal Cerita Aljabar Kelas 7 - Dalam postingan kali ini contoh soal yang akan diberikan adalah mengenai aljabar. Artikel sebelumnya juga telah memberikan contoh soal serupa dalam artikel 5 Contoh Soal Cerita Aljabar Matematika. Namun, untuk soal kali ini sedikit berbeda karena bentuk soal yang disampaikan berupa soal cerita. Soal-soal seperti ini seringkali muncul dalam kategori Essay atau isian singkat di dalam ulangan semester ataupun ujian nasional.

Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar Untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil
Tidak ada salahnya jika kalian mencoba kemampuan kalian untuk memecahkan persoalan-persoalan matematika yang ada di bawah ini:

Kumpulan Contoh Latihan Soal Cerita tentang Aljabar untuk SMP Kelas 7

Soal 1
Di dalam sebuah tas terdapat 3 buah buku, 2 buah penggaris, dan 2 buah pensil. Kemudian Ayu memasukkan lagi 2 buah buku dan 1 buah pensil. Tanpa sepengetahuan Ayu, adiknya mengambil 1 buah buku, 1 buah pensil, dan 1 buah penggaris. Berapakah jumlah masing-masing alat tulis yang ada di dalam tas Ayu?

Soal 2
Pak Umam memelihara 3 ekor Sapi, 5 Ekor ayam dan 10 ekor kambing. Pada suatu hari pak Umam membutuhkan uang lalu ia menjual 1 ekor sapi dan 2 ekor ayam di pasar. Beberapa hari kemudian pak Umam membeli lagi 3 ekor itik dan 2 ekor kambing. Maka, Berapakah jumlah ternak yang dimiliki pak Umam saat ini?

Soal 3
Di sebuah toko komputer terdapat 10 unit laptop, 5 unit komputer dan 3 buah speaker aktif.  Pada suatu hari ada beberapa barang yang terjual yaitu 3 unit laptop dan 2 unit komputer, kemudian toko tersebut mendapat kiriman dari pabrik berupa  2 unit laptop, 2 unit komputer dan 2 buah speaker aktif. Berapakah jumlah alat elektronik yang ada di toko komputer tersebut?

Soal 4
Di sebuah toko bunga terdapat 50 tangkai bunga melati, 100 tangkai bunga mawar dan 40 tangkai bunga anggrek. Ada seorang pelanggan yang membeli 20 tangkai bunga melati dan 20 tangkai bunga anggrek. Lalu toko bunga tersebut membeli lagi 20 tangkai bunga melati, 20 tangkai bunga mawar dan 40 tangkai bunga anggrek. Maka, Tentukanlah jumlah bunga yang ada di toko bunga tersebut!

Soal 5
Pak Ringga membeli  100 sak semen, 1000 buah batu bata dan 120 batang kayu. Jumlah material yang sudah digunakan untuk membangun rumah adalah  20 sak semen, 500 batu bata  dan 50 batang kayu. Karena material tersebut masih kurang, akhirnya pak Ringga membelli lagi 40 sak semen, 200 buah batu bata dan 70 batang kayu. Berapakah jumlah bahan bangunan yang ada sekarang?

Soal 6
Di dalam sebuah kulkas terdapat 2 tomat, 4 kubis  dan 5 wortel kemudian ibu mengambil 1 tomat, 2 kubis dan 1 wortel. Setelah itu, Ibu membeli lagi 1 tomat, 2 kubis dan 2 wortel. Berapakah  jumlah sayuran yang ada di dalam kulkas sekarang?

Soal 7
Di sebuah tempat parkir ada 3 truk, 5 motor dan 2 mobil, lalu keluarlah 1 truk dan 2 motor. Kemudian ada lagi yang parkir yaitu 2 truk, 1 motor, dan 1 mobil. Lalu, berapakah jumlah masing-masing kendaraan yang ada di tempat parkir tersebut saat ini?

Soal 8
Di sebuah toko furniture ada 10 buah kursi, 8 buah meja dan 6 buah lemari. Pada suatu hari terjual 2 buah kursi, 2 buah meja dan 3 buah lemari. Kemudian datang lagi kiriman berupa 3 buah kursi, 2 buah meja dan 4 buah lemari. Sekarang ada berapa furniture yang dijual di toko furniture tersebut?

Itulah beberapa Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP yang bisa diberikan dalam artikel kali ini, Semoga kalian semakin mahir dalam menjawab soal-soal yang serupa. Sampai berjumpa lagi di dalam contoh-contoh soal dengan materi yang lainnya.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar Untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil"

Posting Komentar