Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang, Contoh Soal Dan Pembahasan Lengkap

Menghitung Keliling Persegi Panjang - Dalam artikel sebelumnya Belajar Matematikaku telah menyampaikan materi mengenai Cara Menghitung Rumus Luas Persegi Panjang dan Contoh Soal Lengkap, maka kali ini akan diberikan materi lanjutan tentang cara menghitung rumus keliling persegi panjang. Persegi panjang terdiri dari 4 sisi dan masing-masing sisi yang sejajar memiliki ukuran atau panjang yang sama. Coba perhatikan gambar persegi panjang berikut:

Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang, Contoh Soal Dan Pembahasan Lengkap

Berdasarkan gambar di atas, sisi AB dan DC merupakan sisi yang menjadi panjang (p) dari bangun datar tersebut. Sedangkan sisi AD dan BC adalah sisi yang menjadi lebar (l) dari bangun datar tersebut. Keliling persegi panjang bisa diketahui dengan menjumlahkan seluruh sisi yang ada. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menghitung keliling persegi panjang lengkap dengan beragam contoh soal dan pembahasan mengenai cara penyelesaian soal tersebut.

Rumus Keliling Persegi Panjang, Contoh Soal dan Pembahasannya

Berdasarkan penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa rumus keliling persegi panjang adalah:
K = p + l + p + l
K = 2 x p + 2 x l 
K = 2 x (p + l)

Silahkan kalian menggunakan salah satu dari ketiga rumus di atas untuk mengetahui keliling dari sebuah persegi panjang, hasilnya akan tetap sama. Agar kalian lebih paham tentang rumus tersebut, perhatikan baik-baik pembahasan contoh soal berikut ini.


Contoh Soal 1
Diketahui panjang dan lebar sebuah persegi panjang yaitu 25 cm dan 15 cm. Maka berapakah keliling persegi panjang tersebut?

Penyelesaian:
Mari kita coba hitung dengan menggunakan ketiga rumus di atas :
Rumus 1:
K = p + l + p + l
K = 25 + 15 + 25 + 15
K = 80cm

Rumus 2:
K = 2 x p + 2 x l
K = 2 x 25 + 2 x 15
K = 50 + 30
K = 80 cm

Rumus 3:
K = 2 x (p + l)
K = 2 x (25 + 15)
K = 2 x 40
K = 80 cm



Contoh Soal 2
Diketahui keliling dari sebuah persegi panjang adalah 240 cm, jika panjang dari persegi panjang tersebut adalah 30 cm maka berapakah lebarnya?

Penyelesaian:
Kita gunakan rumus keliling persegi panjang :
K = 2 x (p + l)
240 = 2 x (30+l)
240 = 60 + 2l

2l = 240 - 60
2l = 180
l = 180 : 2
l = 90
Jadi, lebar persegi panjang tersebut adalah 90 cm


Demikianlah pembahasan materi mengenai Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang, Contoh Soal dan Pembahasan Lengkap. Pelajari dan hafalkan dengan baik rumus keliling persegi panjang yang sudah dijelaskan di atas. Terus berlatih mengerjakan soal-soal yang membahas mengenai cara menghitung luas keliling persegi panjang agar kalian semakin mahir dan bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Menghitung Rumus Keliling Persegi Panjang, Contoh Soal Dan Pembahasan Lengkap"

Posting Komentar