Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor

Menentukan FPB dan KPK Dengan Pohon Faktor - Dalam salah satu artikel di blog ini sudah pernah membahas Materi Cara Mencari KPK dan FPB, namun kali ini Belajar Matematikaku akan memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai salah satu cara menentukan FPB dan KPK yaitu dengan menggunakan pohon faktor. Pohon faktor merupakan suatu cara mencari KPK dan FPB dengan mengurutkan perkalian ke bawah menggunakan bilangan-bilangan prima. Berikut adalah contoh dari gambar pohon faktor:

Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor

Dalam postingan ini kalian akan diajarkan mengenai langkah-langkah dalam menggunakan pohon faktor tersebut sehingga bisa mempermudah kalian dalam menentukan KPK dan FPB dengan lebih cepat.

Langkah-Langkah Menentukan FPB dan KPK dengan Pohon Faktor

Dari gambar di atas, bisa dijelaskan langkah penggunaan pohon faktor adalah sebagai berikut:

Pertama

Tuliskan bilangan yang akan kalian cari faktor primanya, misalkan bilangan tersebut adalah 105.

Kedua

Sekarang bagilah bilangan tersebut (105) dengan bilangan prima yang paling kecil yang bisa membagi bilangan tersebut. Berdasarkan gambar diatas bilangan prima yang digunakan adalah 3. Tuliskan bilangan prima tersebut di sebelah kiri kemudian hasil pembagiannya dituliskan disebelah kanan (105 : 3 = 35).

Ketiga

Bagikan lagi angka 35 tersebut dengan bilangan prima terkecil yang bisa membaginya (35 : 5 = 7) tuliskan angka hasil pembagian tersebut di sebelah kanan.

Keempat

Ditemukan hasil faktorisasi prima dari bilangan 105 yaitu 2 x 5 x 7.
Bagaimana? Tidak sulit bukan?


Sekarang kita coba untuk menerapkan langkah-langkah pohon faktor di atas dalam menyelesaikan soal yang memerintahkan kita untuk mencari FPB dan KPK dari dua buah bilangan bulat ataupun lebih. Misalkan kita ingin mencari FPB dari 36, 54, dan 72.

Hasil pohon faktornya bisa diuraikan sebagai berikut:
Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor
Berdasarkan hasil di atas, diketahui bahwa:
Faktor prima dari 36 adalah 22 x 32
Faktor prima dari 54 adalah 2 x 33
Faktor prima dari 72 adalah 23 x 32

Sekarang kita tentukan FPB dari ketiga bilangan tersebut. Caranya yaitu dengan menggunakan bilangan faktor terkecil yang sama, lalu ambil bilangan dengan pangkat yang terkecil. Sehingga, FPB dari 36, 54, dan 72 adalah 2 x 32 = 2 x 9 = 18.

Kemudian kita lanjutkan dengan mencari KPK dari ketiga bilangan tersebut. Caranya yaitu dengan mengambil bilangan faktor yang memiliki nilai terbesar kemudikan mengalikannya. Tetapi, jika ada bilangan faktor yang sama cukup ambil salah satu saja. Dari hasil pohon faktor di atas, bilangan faktor yang terbesar adalah 22 dan 33. Maka KPK dari 36, 54, dan 72 adalah 22 x 33 = 216


Itulah cara mudah yang bisa kalian lakukan dalam Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor. Selamat berlatih dan semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan baik.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

1 Response to "Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor"

Rendi Andriadi mengatakan...

Membantu banget buat belajar tamla buku

Posting Komentar