5 Contoh Soal Cerita Aljabar Matematika

Contoh Soal Cerita Aljabar Matematika - Materi pelajaran matematika mengenai aljabar termasuk materi yang gampang-gampang susah. Jika kalian sudah memahami setiap konsep dan sifat-sifat aljabar tentu akan mudah dalam menyelesaikan soal-soalnya. Akan tetapi untuk kalian yang belum memahami Pengertian Aljabar, tentu akan mengalami kesulitan dalam mengerjakannya. Mempelajari meteri ini memang membutuhkan konsentrasi dan kecermatan dalam menghafalkan pola-pola perhitungan di dalam aljabar.

5 Contoh Soal Cerita Aljabar Matematika

Untuk melatih kemampuan kalian di dalam megerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi matematika mengenai aljabar, tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh Belajar Matematikaku di bawah ini. Soal ini agak berbeda kerena cara penyajiannya dalam bentuk soal cerita sehingga kalian harus memperhatikan dengan baik setiap simbol dan angka-angka yang terdapat di dalam soal tersebut agar nantinya kalian tidak mengalami kesulitan di dalam menjawab soal-soal tersebut.

Kumpulan Contoh Latihan Soal Cerita Matematika Mengenai Aljabar

Soal 1
Diketahui panjang sebuah persegi panjang adalah (2x - 5) cm sedangkan lebarnya adalah (3x + 1). Maka tentukanlah:
a. Keliling persegi panjang yang dinyatakan dalam bentuk x
b. Ukuran persegi panjang jika diketahui kelilingnya adalah 23 cm

Soal 2
Lima tahun yang lalu, usia seorang ibu beserta kedua anak kembarnya adalah 40 tahun. Jika pada saat itu usia sang ibu adalah 30 tahun, Maka berapakah umur dari masing-masing anak kembarnya saat ini?

Soal 3
Pak Aan melakukan sebuah perjalanan keluar kota. Awalnya ia mengendarai motor selama 3 jam dengan kecepatan rata-rata (2x - 5)km/jam. Setelah itu pak Aan melanjutkan perjalanan dengan menaiki bus selama 4 jam dengan kecepatan rata-rata (5x + 8) km/jam. Maka tentukanlah:
a. Jarak yang ditempuh dalam x
b. Nilai x apabila jarak yang ditempuh adalah 329km

Soal 4
Sebuah model kerangka balok dibuat dari kawat dengan ukuran panjang (2x - 3) cm, lebar (3x + 10) cm dan tinggi x cm. Maka tentukanlah:
a. Panjang kawat dalam x
b. Nilai x jika panjang kawat adalah 388 cm
c. Ukuran kerangka balok

Soal 5
Di sebuah meja terdapat 5 buah sendok, 5 buah piring, dan 5 buah gelas. Frenky mengambil 1 buah sendok dan piring. Lalu Lia menaruh 2 buah piring, 3 buah sendok, dan 1 buah gelas. Maka berapakah jumlah peralatan makan yang tersedia di meja tersebut sekarang?

Demikianlah 5 buah Contoh Soal Cerita Aljabar Matematika yang bisa kalian manfaatkan untuk melatih diri dalam memahami bagaimana cara menggunakan konsep-konsep aljabar di dalam menjawab soal. Semoga bisa membuat kalian semakin paham dan mahir dengan materi mengenai aljabar yang diberikan dan diajarkan oleh guru kalian di saat sekolah.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Contoh Soal Cerita Aljabar Matematika"

Posting Komentar