Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya - Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan materi mengenai Pengertian Relasi Matematika. Dimana definisi relasi merupakan suatu pernyataan yang menghubungkan dua buah himpunan. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai beberapa contoh soal yang bisa kalian pelajari dengan baik.

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal 1:
Disuatu sekolah, ada beberapa siswa yang tergolong nakal sehingga nama mereka telah tercatat di dalam buku catatan seorang guru bimbingan konseling. Mereka adalah Rudi, Heru, Panji, Heryu, dan Edwar. Masing-masing dari orang tua mereka adalah Sarto, Toni, Komar, Lutfi, dan Arya. Suatu hari orang tua dari kelima murid tersebut dipanggil oleh sekolah untuk membicarakan masalah yang ada pada siswa-siswa tersebut dan hanya ada empat orang tua yang hadir. Diketahui bahwa Rudi adalah anak dari Sarto, Heru anak dari Toni, Panji anak dari Komar, dan Heryu anak dari Lutfi.
a. Sebutkan relasi yang mungkin dari himpunan murid dan himpunan orang tua.
b. Dari relasi di atas, adakah orang tua dari murid tersebut yang tidak hadir?
c. Dari relasi di atas, adakah murid yang tidak bersama orang tuanya.

Penyelesaian :
a. Relasinya adalah "Anak dari"
b. Orang tu dari murid tersebut yang tidak hadir adalah Arya.
c. Murid yang tidak bersama orang tuanya adalah Edwar.

Contoh soal 2 :
Diketahui himpunan A = {1, 2, 3, 4} dan himpunn B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}. Jika dari himpunan A ke himpunan B dihubungkan dengan relasi "setengah dari" maka tentukanlah anggota himpunan A yang mempunyai kawan pada himpunan B!

Penyelesaian :
Anggota himpunan A yang "setengah dari" anggota himpunan B adalah 1, 2, dan 3 karena 1 merupakan setengah dari 2, 2 setengah dari 4, dan 3 stengah dari 6.

Demikianlah pembahasan materi mengenai Contoh Soal Matematika Mengenai Relasi Dan Cara Penyelesaiannya. Semoga kalian bisa memahami contoh-contoh soal di atas sehingga artikel ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi relasi.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!