Kuadrat Dan Akar Kuadrat Suatu Bilangan

Kuadrat Dan Akar Kuadrat Suatu Bilangan - Kebanyakan dari kita sudah mengetahui apa itu kuadrat? Kuadrat yaitu perkalian yang berulang dari suatu bilangan. Sedangkan kuadrat dari suatu bilangan yaitu perkalian yang berulang dari bilangan tersebut sebanyak dua kali. Misalkan X merupakan suatu bilangan, maka kuadrat dari X yaitu X2.
Kuadrat Dan Akar Kuadrat Suatu Bilangan

Kuadrat Dan Akar Kuadrat Suatu Bilangan

Berdasarkan gambar di atas, dijelaskan bahwa misalkan suatu bilangan 42 = 16 berarti 16 adalah 4 atau 16 = 4. Perhatikan contoh beberapa bentuk kuadrat di bawah ini :
a. 22 = 2 x 2 = 4
b. (3,52) = 3,5 x 3,5 = 12,25
c. (-72) = (-7) x (-7) = 49

Akar Kuadrat Suatu Bilangan

Lalu, apa yang disebut dengan akar kudrat? akar kuadrat dari suatu bilangan yaitu suatu bilangan yang tidak negative yang apabila dikuadratkan sama dengan bilangan itu sendiri. Penjelasan lain juga menyatakan bahwa akar kuadrat dari suatu bilangan merupakan kebalikan dari kuadrat dari suatu bilangan. Misalkan jika Y merupakan kuadrat dari suatu bilangan X (Y = X2) maka bilangan X adalah akar kuadrat dari bilangan Y (X = Y). Berikut merupakan contoh bentuk akar kuadrat :
a. 9 = 3
b. 25 = 5
c. 36 = 6
d. -81 = -9
e. (-4)2 = 4

Demikianlah penjelasan kali ini mengenai materi Kuadrat dan Akar Kuadrat Suatu Bilangan. Semoga kalian bisa memahami dengan baik perbedaan antara kuadrat dan akar kuadrat dari suatu bilangan sehingga artikel ini bisa membantu kalian dalam menjawab soal-soal yang berkaitan dengan materi ini.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Kuadrat Dan Akar Kuadrat Suatu Bilangan"

Posting Komentar