Bangun Datar Jajar Genjang

Pengertian Bangun Datar Jajar Genjang - Jajar genjang merupakan segi empat yang sisi - sisinya berhadapan sejajar dan sama panjang serta sudut - sudut yang berhadapan sama besar atau suatu bangun datar yang berbentuk segitiga dengan bayangannya jika diputar setengah putaran (180) pada salah satu sisi yang dimilikinya. Dengan kata lain jajar genjang juga merupakan bangun datar yang dibentuk dari dua pasang rusuk yang masing - masing sejajar dan sama panjang dengan pasangannya. Jajar genjang memiliki dua pasang sudut dimana sudut - sudut tersebut bukan merupakan sudut siku - siku, karena jika kedua sudut tersebut merupakan sudut siku - siku maka bangun datar tersebut akan berubah menjadi persegi atau persegi panjang. Besar kedua sudut tersebut memiliki ukuran yang sama. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar jajar genjang di bawah ini :
Bangun Datar Jajar Genjang

Pembahasan Materi Bangun Datar Jajar Genjang

Sifat-Sifat Jajar Genjang

1. Mempunyai dua sudut lancip dan dua sudut tumpul
2. Diagonal pada jajar genjang saling membagi dua sama panjang
3. Mempunyai dua pasang rusuk yang sejajar dan sama panjangnya
4. Memiliki dua pasang sudut yang bukan merupakan sudut siku - siku
5. Besar sudut yang berhadapan pada jajar genjang memiliki ukuran yang sama
6. Sudut - sudut yang berdekatan jika ditotal akan berjumlah sebanyak 180 derajat

Keliling Jajar Genjang

Keliling jajar genjang merupakan jumlah dari seluruh rusuknya. Karena rusuk atas, rusuk alas, dan kedua rusuk miringya memiliki ukuran yang sama panjang. Maka keliling jajar genjang dapat disimpulkan sebagai berikut :
Keliling jajar genjang  = rusuk atas + rusuk bawah + rusuk miring 1 + rusuk miring 2
Dimana :
=> rusuk atas = rusuk bawah (alas)
=> rusuk miring 1 = rusuk miring 2
Kemudian diasumsikan menjadi :
=> Keliling jajar genjang = 2 alas + 2 rusuk miring

Luas Jajar Genjang

Garis tinggi dari sudut kiri atas jajar genjang turun ke bawah apabila ditarik, maka akan menjadi sebuah segitiga dan apabila segitiga itu kita pindahkan ke bagian yang kosong di sebelah kanan bawah, maka akan menjadi sebuah persegi panjang.
Luas jajar genjang = alas x tinggi
Luas jajar genjang = a x t

Demikianlah pembahasan materi mengenai Pengertian Bangun Datar Jajar Genjang, semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan mudah sehingga kalian tidak akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi ini. Untuk menambah wawasan kalian mengenai bangun datar jajar genjang, pelajari juga Cara Menghitung Rumus Luas dan Keliling Jajar Genjang Dilengkapi degan Pembahasan Contoh Soal.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Bangun Datar Jajar Genjang"

Post a Comment