Pembahasan Dan Contoh Soal Penyelesaian Peluang Suatu Kejadian

Peluang Suatu Kejadian - Peluang suatu kejadian merupakan besarnya nilai kemungkinan suatu kejadian yang akan muncul yang berasal dari perbandingan banyaknya titik sampel suatu kejadian yang di ambil dengan banyaknya anggota ruang sampel tersebut, atau peluang juga bisa dikatakan dengan nilai kemungkinan titik sampel dari suatu kejadian (bagian atau anggota yang berada dalam ruang sampel itu sendiri). Sedangkan ruang dari sampel tersebut merupakan kumpulan dari semua peristiwa maupun kejadian yang bisa saja muncul dari sebuah percobaan.

Peluang Suatu Kejadian

Pembahasan Dan Contoh Soal Penyelesaian Peluang Suatu Kejadian

Peluang Suatu Kejadian

Jadi, peluang suatu kejadian bisa juga dikatakan sebagai suatu cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan suatu kejadian yang di harapkan akan muncul, dan frekuensi harapan adalah perbandingan dari banyak suatu percobaan yang di lakukan dengan banyaknya kejadian yang diamati. Untuk mencari frekuensi itu sendiri bisa kita ketahui melalui pembagian antara banyak kejadian dengan banyak percobaan yang dilakukan, dan jika tiap-tiap titik sampel anggota ruang s punya peluang yang sama maka jumlah kejadian (k) dengan jumlah anggota digambarkan menjadi  n(k) bisa diketahui melalui rumus :

Peluang Suatu Kejadian dengan k ⪽c.

Peluang suatu kejadian bisa kita ambil contoh melalui percobaan pelemparan koin maupun pelemparan dadu. Sedangkan nilai dari peluang kejadian memiliki sifat 0 p 1, maksudnya jika p = 0 maka kejadian itu tidak mungkin terjadi, atau mustahil. Namun jika p = 1 maka kejadiannya bisa dipastikan terjadi.
Untuk lebih jelasnya disini saya akan memberikan penjelasan mengenai soal suatu peluang kejadian dan pembahasannya berikut ini.

Contoh 1:
Ketika sebuah dadu dilemparkan ke udara  maka carilah peluang munculnya dadu dengan angka genap, dan juga dadu berangka 9 ?

Jawab:
Ruang sampel = 1, 2, 3, 4, 5, dan 6
Berarti n(s) = 6
Mata dadu genap = (2, 4, dan 6)
N(s) = 3
Jadi, p(k) = 3/6 = ½ .
Untuk dadu berangka 9 mustahil muncul karena peluang dadu angka 9 tersebut mustahil terjadi dikarenakan dadu hanya memiliki 6 buah sisi.

Contoh 2 :
Di dalam sebuah kantong plastik terdapat 6 buah kelereng yang terdiri dari 1 buah kelereng yang berwarna biru, 2 buah kelereng berwarna hijau, dan juga 3 buah kelereng dengan warna hitam.
Jika kelereng tersebut diambil 3 kelereng dengan cara di acak namun kelereng tersebut harus di kembalikan lagi ke dalam kantong plastik. Maka seberapa besar peluang terambilnya kelereng secara berturut-turut berwarna biru, hijau, dan juga hitam ?

Jawab:
Karena kelereng yang telah di ambil harus di kembalikan lagi ke dalam kantong plastik maka kita bisa dengan mudah mengetahuinya karena nilai untuk setiap pengambilan kelereng tersebut masih tetap sama, yaitu : 1 + 2 + 3 yang berjumlah enam buah kelereng, sehingga besarnya peluang terambilnya kelereng dengan urutan warna biru, hijau, dan juga hitam adalah dengan perkalian dari tiga peluang terambilnya kelereng dengan setiap pengambilan, maka :
Peluang Suatu Kejadian

P = 6/6
Jadi, hasil peluang kejadian pengambilan kelereng tersebut adalah 6/6

Itulah langkah-langkah yang bisa kita jadikan sebagai landasan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan Peluang Kejadian Suatu Peristiwa, sehingga kita bisa mengetahui peluang terjadinya suatu peristiwa yang akan muncul seperti permainan dadu, melempar koin dan lain sebagainya.
Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.