Perbandingan Matematika SMP Kelas 7

Perbandingan Matematika SMP Kelas 7 - Perbandingan merupakan istilah matematika untuk membandingkan dua objek atau lebih dan untuk membandingkan sesuatu harus ada minimal dua abjek.

Perbandingan Matematika SMP Kelas 7

Perbandingan sering muncul dalam kehidupan sehari-hari

Berikut contoh soal perbandingan dan pembahasannya :

Diketahui usia ayah adalah 60 tahun dan usia ibu 45 tahun, sedangkan usia Reno adalah 15 tahun, dan usia Revi adalah 10 tahun. Coba bandingkan usia keempat anggota keluarga tersebut!

Penyelesaian :
Dalam menentukan perbandingan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu
1. Besarnya perbandingan yang satu dengan yang lainnya
2. Jika satuannya tidak sama terlebih dahulu kita harus menyamakan satuannya
3. Menyederhanakan bentuk perbandingannya
  • Perbandingan usia ayah dan ibu = 60 : 45 (kedua angka sama-sama bisa dibagi dengan 15), jadi perbandingannya adalah 4 : 3
  • Perbandingan usia ayah dan Reno = 60 : 15 (kedua angka sama-sama bisa dibagi dengan 15), jadi perbandingannya adalah 4 : 1
  • Perbandingan usia ayah dan Revi = 60 : 10 (kedua angka sama-sama bisa dibagi dengan 10), jadi perbandingannya adalah 6 : 1
  • Perbandingan usia ibu dan Reno = 45 : 15 (kedua angka sama-sama bisa dibagi dengan 15), jadi perbandingannya adalah 3 : 1
  • Perbandingan usia ibu dan Revi = 45 : 10 (kedua angka sama-sama bisa dibagi dengan 5), jadi perbandingannya adalah 9 : 2
  • Perbandingan usia Revi dan Reno = 10 : 15 (kedua angka sama-sama bisa dibagi dengan 5), jadi perbandingannya adalah 2 : 3
Dari penyelesaian soal di atas kita bisa mengambil kesimpulan :
Perbandingan a dan b dapat ditulis a/b atau a:b, dimana a dan b adalah bilangan asli dan bukan 0. Perbandingan dalam bentuk sederhana yaitu dimana a dan b sudah tidak lagi memiliki faktor persekutuan kecuali 1.

Secara umum, perbandingan terbagi menjadi dua macam, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.

1. Perbandingan senilai

Perbandingan senilai merupakan suatu perbandingan yang memiliki sifat besaran apabila salah satu bertambah, maka yang lainnya juga akan ikut bertambah.
Contohnya adalah perbandingan antara jumlah buku yang akan kita beli dengan uang yang harus kita bayar. Semakin banyak buku yang kita beli maka akan semakin banyak uang yang harus kita bayar.

2. Perbandingan berbalik nilai

Perbandingan berbalik nilai merupakan sebuah perbandingan yang memiliki sifat besaran jika salah satu bertambah maka yang lainnya akan berkurang.
Contohnya adalah banyaknya pembantu dalam sebuah rumah tangga dengan pekerjaan dalam rumah tangga tersebut. Apabila jumlah pembantunya lebih banyak, maka pekerjaan rumah dalam rumah angga tersebut akan lebih cepat terselesaikan.

3. Menggambar Grafik Perbandingan

a. Grafik perbandingan senilai
Berikut ini merupakan tabel yang menunjukkan hubungan antara jarak yang ditempuh dan waktu yang diperlukan oleh seorang siswa yang mengendarai sepeda.

Jarak dan waktu
Waktu
Gambar di atas menunjukkan grafik dari tabel di atas. Terlihat bahwa grafik perbandingan senilai berupa garis lurus. Jika jarak tempuh bertambah semakin jauh, maka waktu yang diperlukan juga bertambah.

b. Grafik perbandingan berbalik nilai
Contoh soal :
Jarak antara dua kota dapat ditempuh dengan mobil selama 1 jam dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam. Buatlah tabel dari data tersebut kemudian gambarlah grafiknya!

Grafik dan tabel

Dari grafik di atas, dapat kita simpulkan bahwa grafik perbandingan berbalik nilai berupa kurva mulus.
Jika waktu bertambah semakin lama, kecepatan berkurang. Sebaliknya, jika waktu berkurang maka kecepatan bertambah.

Demikianlah penjelasan materi mengenai Matematika SMP kelas 7 tentang Perbandingan, semoga kalian bisa memahami dengan mudah dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam menyelesaikan soal-soal terutama tentang perbandingan.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Perbandingan Matematika SMP Kelas 7"

Post a Comment