Cara Cepat Menghafal Rumus Matematika

Cara Cepat Menghafal Rumus Matematika - Rumus merupakan tata cara dalam menyelesaikan berbagai persoalan di dalam matematika. Perlu kita ketahui bahwa memahami rumus-rumus matematika lebih penting daripada menghafal rumus, kenyataannya kebanyakan dari siswa yang masih duduk di bangku sekolah mereka lebih sering menghafal rumus daripada memahami rumus sehingga disaat mereka duduk di bangku perkuliahan mereka sering mengalami kesulitan tentang menyelesaikan soal-soal matematika karena mereka mempelajari rumus dengan cara menghafal bukan memahami. Cara menghafal rumus akan memudahkan kita untuk lupa tentang rumus dibandingkan kita memahami rumus tersebut. Selain menghafal rumus kita juga perlu mengetahui konsep lain yang biasa disebut dengan teorema.

Cara Cepat Menghafal Rumus Matematika

Pada dasarnya, penyimpanan memori pada otak manusia dibagi menjadi dua, yakni otak kanan yang memuat visual atau imajinasi dan otak kiri yang lebih fokus pada hal-hal berbau logika. Manusia cenderung lebih cepat menyimpan informasi yang visualisasinya terlihat jelas. Dengan menggabungkan kemampuan otak kanan dan kiri, kamu dapat menghafalkan berbagai rumus matematika secara efektif. Otak manusia bisa menyimpan memori bahkan ingatan yang lebih lama jika dibantu dengan gambaran atau visualisasi yang sesuai. Otak manusia bagian kiri yang memuat perhitungan, dan otak kanan yang berfungsi untuk berimajinasi.

Cara Cepat Menghafal Rumus Matematika

Bagaimana caranya adik-adik bisa menghafal rumus dengan baik? sehingga tidak perlu mual-mual dan stres ketika guru mengumumkan akan adanya ujian. Dikarenakan siswa belum hafal rumus yang terkait dengan topik ujian. Stres ketika ujian tentunya tidak baik terhadap hasil ujian. Stres akan menutup akal pikiran Quipperian dan akan membuat soal yang mudah menjadi sulit, serta membuat yang sulit menjadi semakin sulit. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar mudah untuk menghafal rumus-rumus matematika dan hafalannya bisa bertahan lama.

Berikut cara cepat menghafal rumus matematika :

- Menghafal rumus dengan menggunakan warna

Rumus matematika kita tulis dengan menggunakan warna, misalkan rumus kubus kita tulis dengan warna merah, rumus kerucut warna biru dan seterusnya.
Dengan warna diharapkan kita akan lebih cepat mengingat apa yang kita lihat.
Intinya, gunakan warna yang berbeda untuk setiap rumus matematika yang kamu tulis karena, dengan adanya bantuan pewarnaan akan membuat kamu lebih cepat menghafal berbagai rumus matematika, mengingat bahwa pada dasarnya manusia merupakan makhluk visual.

Gunakan tekhnik untuk memudahkan dalam menghafal rumus-rumus matematika

- Tekhnik plesetan
Dalam trigonometri ada teori tentang fungsi trigonometri dengan sudut negatif, yaitu :
1. sin (-α) = -sin α
2. Tan (-α) = -tan α
3. Cos (-α) = cos α
Kalian bisa melihat hanya sin dan tan saja yang negatifnya masih ada. Sedangkan, sin tan bisa kalian plesetkan menjadi setan. Bila kalian hubungkan dengan sifat setan yang selalu negatif, maka kalian bisa katakan setan selalu negatif (baca:jahat).

- Membuat singkatan
Tekhnik membuat singkatan juga bisa digunakan untuk menghafal rumus matematika. Misalnya dalam operasi bilangan. Urutan eksekusi operasi bilangan tersebut adalah:
1. Kurung
2. Kali atau bagi
3. Tambah atau kurang
Nah, untuk memudahkan dapat disingkat ku-kaba-taku, untuk membuat menjadi lebih lucu maka kata tersebut bisa dibuat kepanjangan kata lain seperti kuku kamu bau tai kucing.

-Membuat kalimat-kalimat unik dari awal huruf
Tekhnik ini juga dikenal ampuh dalam menghafal rumus-rumus yang panjang. Berikut penggunaan contoh dalam trigonometri:
cos(α±β) = cos α . cos β  sin α . sin β
Perhatikan huruf awalnya yaitu, c, c, c, s, s. Contoh kalimat unik yang bisa dibuat dari rumus di atas adalah :
Clara Cewek Cerdas Suka Sate
Semakin unik dan lucu suatu kalimat yang adik-adik buat maka akan semakin mudah kalimat tersebut untuk diingat.

-Melihat pola unik setiap rumus
Terkadang sekumpulan rumus memiliki pola yang unik, sebagai contoh perhatikan rumus dasar integral trigonometri berikut ini:
Cara Cepat Menghafal Rumus Matematika
Pola uniknya adalah sin dan cos selalu berkebalikan. Maka, hal ini mudah untuk diingat. Tapi, bagaimana dengan tanda plus-minusnya? ternyata, pola mudahnya ada pada integral sin, perhatikan sin mengandung in sebagaimana min mengandung min. Maka kesimpulannya integral sin pasti min. Begitu pula integral cos, perhatikan cos mengandung cos sebagaimana positif mengandung pos, jadi kesimpulannya integral cos pasti positif, walaupun sedikit "maksa" tidak masalah apabila tekhnik ini rumusnya akan semakin mudah untuk diingat.

- Menghafal rumus dengan menggunakan kata ganti/kalimat

Rumus matematika kita ganti dengan kata lain seperti kata benda dan bisa kita gabungkan menjadi sebuah kalimat sehingga memudahkan kita untuk mengingat rumus tersebut.
Misalkan rumus bangun ruang balok mengenai keliling,
K = 4 x (p + l + t)
Keliling = 4 kali saya dikasih Permen diTambah Lilin diTambah Terasi

Demikian penjelasan singkat mengenai Cara Cepat Menghafal Rumus Matematika, hal yang terpenting dan yang paling utama yaitu kita harus memahami terlebih dahulu tentang rumus-rumus yang akan kita hafal. Pelajari juga tentang Tips Belajar Matematika dan Trik Belajar Matematika.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Cepat Menghafal Rumus Matematika"

Post a Comment