Trik Belajar Matematika Dengan Cepat

Trik Belajar Matematika Dengan Cepat - Bagaimanakah cara belajar matematika yang baik dan benar?
Kebanyakan orang mengalami kesulitan tentang belajar matematika atau menyelesaikan soal-soal dalam pelajaran matematika. Dalam hal ini, sebenarnya belajar matematika tidak sesulit yang kita bayangkan karena belajar matematika adalah belajar tentang suatu pengetahuan yang sudah pasti, pemecahan tentang soal dalam matematika kita cukup mempelajari dan memahami rumus atau cara menyelesaikan soal tersebut, kita tidak harus menggunakan banyak kata-kata, menyusun kalimat tapi cukup mengingat angka matematika tersebut, berbeda dengan pelajaran yang lain seperti pelajaran Bahasa Indonesia untuk menyelesaikan soal kita harus menggunakan pemikiran yang luas dan harus memperbaiki kata-kata dalam menjawab soal. Belajar matematika akan menjadi suatu yang mengasyikan karena kita memahami suatu pengetahuan yang sering kita sebut ilmu pasti artinya nilai dan angka matematika itu selalu benar dan tidak bisa diganti.
Berikut ini ada beberapa trik atau cara untuk memahami belajar matematika dengan cepat, silahkan lihat penjelasan di bawah ini.

TRIK BELAJAR MATEMATIKA DENGAN CEPAT

TRIK BELAJAR MATEMATIKA DENGAN CEPAT

1. Kenali dan Pahami

Maksudnya kita harus tahu dan mengerti apa yang diinginkan dari angka matematika tersebut misalnya, angka itu tentang suatu penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian atau yang lainnya.

2. Jangan takut Salah

Saat menghadapi soal matematika, jangan takut hasil dari yang kita kerjakan selalu salah sehingga akan menimbulkan keraguan untuk mengerjakan soal tersebut. Seandainya hasil penyelesaian soal yang kita kerjakan itu salah, hal itu sudah lebih baik daripada kita tidak mencoba untuk menyelesaikan soal tersebut.


3. Membuat catatan kecil

Untuk membantu kita dalam mengingat cara menyelesaikan soal matematika kita perlu membuat suatu catatan kecil yang di dalamnya kita rangkum tentang rumus-rumus matematika sehingga suatu saat kita lupa kita bisa membuka kembali rumus-rumus matematika yang ada dalam catatan tersebut.


4. Buat cara belajar yang menyenangkan

Setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda-beda, contohnya ada yang suka belajar sambil dengerin musik, nonton televisi, ada yang suka belajar bersama teman-temannya, ada yang suka belajar di kamar sendirian, ada yang belajar sambil makan dan masih banyak cara belajar yang lainnya. Jadi buatlah suasana belajar yang sesuai dengan kenyamanan kita sendiri, jangan memaksakan suasana yang tidak biasa kita lakukan sehingga menyebabkan belajar kita menjadi tidak nyaman.

5. Pelajari materi matematika yang penting

Berbicara soal matematika sudah tentu banyak sekali rumus dan cara penyelesaian soal dalam pelajaran matematika tetapi kita tidak harus menghafalkan semua rumus yang ada di dalam matematika tersebut, kita cukup mempelajari rumus dan cara penyelesaian yang paling terpenting dalam matematika contohnya, bagi yang pemula belajar matematika kita harus menghafal tentang cara penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

6. Pelajari kembali tentang soal-soal

Setelah kita mengenal, memahami, mengerjakan soal dan kemudian membuat catatan kecil pelajari kembali tentang soal-soal yang sulit kita kerjakan, artinya pelajari kembali soal yang susah menurut kita dalam menyelesaikannya kemudian perbanyak melatih diri dalam mengerjakan soal matematika yang lain.

7. Menghafal Rumus

Setiap soal dalam matematika pasti ada rumus dan jalan penyelesaiannya, untuk menyelesaikan soal-soal dengan mudah tentu kita harus menghafal rumus matematika tersebut. Salah satu cara yang mudah untuk kita menghafalkan rumus tersebut adalah dengan cara mencatat judul pelajaran kemudian kita tulis rumusnya, disitu kita tidak perlu menuliskan contoh soal
cukup menuliskan tentang rumus dari judul matematika tersebut :

Satu hal yang harus kita hindari dari trik yang terakhir ini yaitu jangan pernah menganggap catatan itu membosankan buat kita karena, satu rumus saja merupakan penyelesaian dari banyak soal yang masih berhubungan dengan rumus tersebut, jadi walaupun kita berhadapan dengan banyak soal tetapi rumusnya masih berhubungan dengan satu rumus kita menyelesaikan tidak akan merasakan kebingungan walaupun bentuk soalnya berbeda-beda.


Berkaitan Trik Belajar Matematika Dengan Cepat tentu kita harus mengetahui cara pembelajaran matematika. Berikut bisa dilihat dengan mengklik Cara Belajar Matematika Dengan Mudah.